GUEST LECTURE UPSI DR. NORSILAWATI: KEKUATAN MENTAL MEMPENGARUHI KESIAPAN DALAM BERTANDING

Fakultas Ilmu Keolahragaan, dalam hal ini Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menerima tamu dari Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia, sebagai Guest Lecture, yaitu Norshilawati Abdul Razak, Ph.D. Beliau adalah Dosen sekaligus Internship Coordinator for Sport Science Department of Universiti Putra Malaysia.

Acara dibuka oleh Sekretaris Jurusan Pendidikan Olahraga, Bapak Ahmad Rithaudin, M.Or. didampingi beberapa dosen jurusan, diantaranya Ibu Dr. Tri Ani Hastuti, M.Pd. dan Ibu Ranintya Meikahani, M.Pd. Dalam sambutannya didepan sekitar 60 mahasiswa, Bapak Rithaudin berpesan supaya mahasiswa dapat mengambil kesempatan belajar dari banyak sumber, termasuk dari Guest Lecture yang saat ini berada di FIK UNY. Kesempatan yang kemungkinan tidak datang dua kali ini, akan menjadi pelajaran penting bagi mahasiswa yang mengikuti.

Bertempat di Ruang Sidang Utama lantai 3 FIK UNY, Ibu Dr. Norshilawati tampil anggun dengan baju bewarna pink menyala, dalam paparannya untuk kuliah Introduction to Sport Psychology, beliau mencontohkan seorang mahasiswa yang maju kedepan untuk menunjukkan kebolehannya dalam Pencak Silat. Dengan percaya diri, mahasiswa bernama Aji menunjukkan keahliannya dalam bidang olahraga Pencak Silat, beberapa jurus dengan diawali salam ditunjukkan Aji hingga tepuk tangan ditujukan kepadanya oleh teman-temannya. Ibu Norshilawati bertanya, mengapa Aji sangat percaya diri Ketika berada di depan dan dalam menunjukkan keahliannya? Seorang anak menjawab, “Karena Aji menguasainya.” Fokus atau keyakinan diri adalah salah satu aspek dari Psikologi, dimana arti Psikologi sendiri adalah berasal dari kata Psyche yang berarti ‘soul’ atau jiwa dan logos yang artinya ilmu. Dalam Olahraga diperlukan mental toughness dan diperlukan adanya psychological training untuk memantapkannya. (PD)