Belajar Bersama Profesor dari University of Burundi : Penulisan Ilmiah dan Etika Akademik

Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan Program Doktor, mengikuti kelas Prof. Dr. Salvator Nahima, Ordinary Profesor dari Institute of Physical Education and Sports dari University of Burundi, Afrika. Kegiatan ini sebagai implementasi kerja sama antara FIK UNY dan University of Burundi, Afrika. Implementasi kali ini diwujudkan dalam kegiatan Visiting Profesor yang dilaksanakan selama 1 semester.

Dalam acara Visiting Profesor ini, Prof. Salvator Nahima memberikan mata kuliah Penulisan Ilmiah dan Etika Akademik. Dalam pemaparannya, Prof. Salvator memberikan 3 tahapan penting dalam penulisan ilmiah, yaitu penyiapan ide atau konsep, mengeksekusi ide tersebut dan membuat konklusi dari ide yang telah dituangkan tersebut.

Dalam pemaparannya, Prof. Salvato menggunakan Bahasa Perancis, namun tidak menyurutkan minat mahasiswa, karena mahasiswa terbantu oleh Dr. Japhet Ndayisenga, lulusan S3 Ilmu Keolahragaan yang berasal dari Burundi juga. Dr. Japhet menjadi dosen tamu untuk menterjemahkan seluruh informasi yang diberikan oleh Prof. Salvator.

Mahasiswa FIK merasa beruntung dapat menimba ilmu dari dosen-dosen luar negeri yang memiliki kapabilitas dan ilmu yang mumpuni, sehingga mereka bisa belajar banyak dan menerapkan apa yang telah mereka ajarkan. Tidak berhenti disini, mahasiswa Merdeka Belajar-pun bisa mengikuti mata kuliah yang ditawarkan oleh Visiting Profesor ini. (PD)