Departemen PKO Miliki 2 Doktor Baru

Departemen Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) FIKK UNY kembali menambah dosen bergelar Doktor dengan kelulusan Dr. Christina Fajar Sriwahyuniati S.Pd., M.Or. pada Senin, 27 Februari 2023 di FKOR UNS dan Dr. Ratna Budiarti S.Pd.Kor., M.Or. pada Kamis, 2 Maret 2023 di FIKK UNY. 

Dr. Christina Fajar Sriwahyuniati S.Pd., M.Or. menempuh studi doktoralnya di Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dengan disertasi yang berjudul “Model Latihan Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Senam Ritmik Berbasis Coaching Games Pada Anak Usia Dini (Studi Pengembangan Pada Anak Sekolah Dasar Kelompok Umur 6 – 8 Tahun di DIY). Di hadapan Dewan Penguji yang terdiri atas Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. (Ketua Penguji), Prof. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd. (Promotor), Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO (Ko Promotor), Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. (Sekretaris/Ko Promotor), Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. (Penguji), Prof. Dr. Sugiyanto (Penguji), dan Dr. Fadilah Umar, M.Or. (Penguji), disertasi tersebut dapat dipertahankan dengan baik sehingga gelar doktor Ilmu Keolahragaan dapat diraih dengan IPK 3,95.

Tiga hari berselang, Dr. Ratna Budiarti S.Pd.Kor., M.Or. pun menyusul kelulusan program doktornya. Program doktor jalur publikasi yang dipilihnya yaitu, menghasilkan artikel dengan target publikasi di jurnal terindeks scopus. Penelitian disertasi yang dipromotori oleh Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. AIFO. Dan Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S. tersebut berjudul “Pengembangan Tes Identifikasi Bakat Aerobic Gymnastics Kategori National Development”. Dalam sidang ujian yang diketuai oleh Rektor UNY, Prof. Sumaryanto, M.Kes. AIFO, serta diuji oleh Dr. Lukas Maria Boleng, M.Kes., Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed., dan Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. dapat dipertahankan dengan baik, maka gelar doktor Ilmu Keolahragaan dapat diraih dengan IPK 3.98. 

Dengan kelulusan keduanya maka saat ini jumlah Doktor di Departemen PKO berjumlah 11 orang dosen dan akan bertambah seiring dengan kelulusan para dosen yang sedang studi lanjut. (Os)