Mahasiswa FIK menuju IISMA 2022

Fakultas Ilmu Keolahragaan menyelenggarakan Sosialisasi dan Coaching Program IISMA pada hari Senin (25/1/2022) secara daring. IISMA kepanjangannya adalah Indonesian International Student Mobility Awards. IISMA sendiri merupakan program beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa S1 untuk program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri. Program ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). 

Mahasiswa semester 4 (minimal) hingga mahasiswa semester 7 (maksimal) dapat menghabiskan satu semester (empat hingga enam bulan) di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah, dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan mereka. Selain itu, peserta program IISMA juga mendapatkan manfaat berupa pendaftaran dan biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, tunjangan visa, serta tes PCR.

Acara Sosialisasi dan Coaching IISMA yang diadakan FIK UNY, mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari mahasiswa Angkatan 2019-2020, sebanyak 186 mahasiswa FIK dari Prodi PJKR, PKO, IK dan PJSD mengikuti sosialisasi ini. 

Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai pembicara adalah Prof. Soni Nopembri, Ph.D., beliau menyampaikan seluk beluk IISMA dari pendaftaran, hingga diterimanya calon Awardee. Hadir pula Zahra Amira Muqsithaningtyas, Mahasiswa PBI FBS UNY yang tahun 2021 kemarin mendapat kesempatan belajar di Irlandia, tepatnya di National University of Ireland. Zahra memberikan berbagai tips dan trik mendaftar dan mengumpulkan berkas, hingga menceritakan pengalamannya selama berada disana. Zahra juga memotivasi mahasiswa FIK untuk bisa ikut mengharumkan nama Indonesia, dan khususnya FIK UNY dalam kegiatan IISMA ini. Sedangkan acara Coaching, dipandu oleh Dosen Bahasa Inggris FIK, yaitu Bapak Satya Perdana, M.A. Dalam Coaching tersebut, Pak Satya memberikan ilmu sebagai bekal mahasiswa dalam test administrasi, Bahasa Inggris maupun wawancara.

Acara Sosialisasi ini dibuka oleh Dekan FIK UNY, Bapak Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed., dalam sambutannya, Prof. Wawan ingin Mahasiswa FIK meminimalisir batasan dan keterbatasan Mahasiswa FIK yang hanya terkenal sebagai pejuang Olahraga, namun bisa berprestasi dalam Pendidikan, dan berharap semoga beberapa mahasiswa yang mengikuti acara tersebut mampu lolos dan bisa mendapatkan manfaat dari program IISMA tersebut. (PD)