Yudisium di Penghujung Tahun 2022

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan Yudisium di Penghujung Tahun 2022 pada Jum’at, 30 Desember. Acara tersebut dilaksanakan sebagai syarat akhir mahasiswa menyelesaikan perkuliahan. Sebanyak 31 mahasiswa yang terdiri dari Program Magister Ilmu Keolahragaan 3 orang, Program Magister Pendidikan Jasmani 1 orang, Program Sarjana PJKR 14 orang, Program Sarjana PKO 6 orang dan Program Sarjana PJSD Penjas 7 orang.

 

Yudisium dipimpin langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIK UNY, Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes., dan turut hadir seluruh pimpinan fakultas dan jurusan. Dalam sambutannya, Wakil Dekan mengucapkan selamat untuk para mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan perjuangan kuliahnya hingga akhir, dan berharap semoga mahasiswa sukses kedepannya, baik jika ingin melanjutkan studi ataupun jika mahasiswa ingin langsung terjun ke dunia usaha. Selain itu, Wakil Dekan juga mengumumkan bahwasannya FIK akan berubah nama menjadi FIKK (Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan) di tahun 2023 nanti, dimana sistem UNY sudah bukan PTN-BLU namun sudah menjadi PTNBH.

 

PTNBH sendiri adalah kepanjangan dari Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, dimana perbedaannya PTNBH memiliki regulasi yang lebih fleksibel dalam aspek Akademik dan non-akademik, termasuk dalam pengelolaan keuangan. Meski demikian, pengelolaan keuangan pada PTNBH tetap harus akuntabel. Sedangkan PTN-BLU mengelola penerimaan non-pajak secara otonomi, namun tetap harus melakukan pelaporan kepada negara. Saat ini sudah ada 21 Perguruan Tinggi Negeri yang menyandang PTNBH, dan UNY adalah Perguruan Tinggi yang menyandang PTNBH ke-17. Penetapan UNY  sebagai PTNBH dikeluarkan Presiden Jokowi pada 20 Oktober 2022 lalu. (PD)