Dr. Heri Yogo Prayadi Kembangkan Model Aktivitas Fisik Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak

Promosi Doktor Heri Yogo Prayadi

Dilatarbelakangi kurangnya model aktivitas fisik untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa TK, serta kurangnya kemampuan siswa untuk bergerak dan cenderung pasif saat pembelajaran praktik dan kurangnya standarisasi program aktivitas fisik yang berdampak tidak tercapainya target yang ditentukan oleh pemerintah, maka Heri mengembangkan model aktivitas fisik berbasis permainan yang tepat untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa TK tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian R & D menggunakan Borg dan Gall. Terdapat sepuluh tahapan penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen kelayakan, instrumen kepraktisan, dan instrumen keefektifan model. Teknik analisis data yang digunakan yaitu anaisis validitas isi (aiken’s), analisis kelayakan dan kepraktisan (deskriptif kualitatif dan kuantitatif), serta analisis uji efektivitas (eksperimen).

Penelitian dan pengembangan berhasil menyusun model aktivitas fisik berbasis permainan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa TK. Model aktivitas fisik yang dikembangkan layak, praktis dan efektif dalam pelaksanaannya. Model yang dikembangkan telah divalidasi kelayakan, kepraktisan dan teruji keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa TK. Berkat temuannya tersebut, Dr. Heri Yogo Prayadi berhak menyandang gelar doktor keolahragaan ke-49 di FIKK UNY dengan predikat Cum Laude, IPK 3.91.

Selamat & Sukses