Senam Saga Mandiri menjadikan Lansia Lebih Mandiri, Sehat, dan Bugar

Secara fisik, psikologis, dan sosial, kelompok lanjut usia atau lansia mengalami perubahan cukup signifikan. Dampak dari perubahan tersebut tentu saja mempengaruhi seluruh aspek kehidupan lansia tersebut termasuk Kesehatan. Rifky Riyandi Prastyawan mencoba mengembangkan gerakan senam yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani, kesejahteraan psikologis dan sosial para lansia dalam penelitian disertasinya. Menurutnya, para lansia ini berhak mendapatkan hidup yang lebih sehat apabila mendapat pola latihan senam yang tepat. Selain itu apabila lansia tetap sehat dan bugar, maka lansia dapat hidup mandiri tanpa bergantung pada orang lain. Penelitian disertasi yang diberi judul “Pengembangan Senam Saga Mandiri Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani, Kesejahteraan Psikologis dan Kohesivitas Sosial bagi Lanjut Usia” memanfaatkan gerakan sederhana yang sering dilakukan para lansia.

Senam Saga Mandiri merupakan senam untuk kebugaran dan termasuk latihan aerobik. Kelebihan Senam Saga yaitu, perpaduan gerakan senamnya berdasarkan gerakan sehari-hari bagi lansia. Terdapat juga afirmasi yang positif yang diberikan dalam gerakan sehingga berdampak pada kesejahteraan psikologis bagi lansia. Dalam senam secara gerakan dan efektivaitas ada musik, frekuensi yang disajikan. Ada pemanasan, inti, serta pendinginanyang ingin dicapai derajat kebugaran dan dalam senam sudah diatur. Secara irama, tempo, sudah ditentukan sehingga lansia tersebut lebih bugar.

Kebugaran lansia menjadi perhatian, kesejahteraan psikologis dan beberapa gerakan saga mandiri ada kohesitas sosial serta interaksi dengan gerakan bergandengan tangan dengan afirmasi sehat, kuat, dan bahagia. Diharapkan bersenam bersama keterkaitan interaksi satu dengan lainnya dapat terjalin. Afirmasi positif baik untuk banyak orang. Senam Saga Mandiri teruji efektif melalui uji efektivitas produk dan telah melalui uji coba terbatas dan uji coba diperluas oleh ahli serta calon pengguna.

Keberlanjutan dari disertasi ini yaitu, diseminasi pengenalan produk. Selain ada video dari tutorial senam, yang telah diunggah di kanal YouTube, dan juga telah disiapkan buku panduan Senam Saga Mandiri. Selain itu, publikasi di jurnal bereputasi dan terindex juga disiapkan. Rencana ke depan akan didaftarkan juga di HAKI. Diseminasi juga diteruskan ke dinas hingga kemenpora. Terkait Tridarma Pendidikan akan terus memperdalam lagi perkembangan kesehatan lansia, akan digali yang bisa diimplementasikan menjadi lansia yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

Rifky Riyandi Prastyawan berhasil dan layak meraih gelar doktor Ilmu Keolahragaan berkat Senam Saga Mandiri yang dikembangkannya. Sehingga Dewan Penguji menyatakan Dr. Rifky Riyandi Prastyawan menjadi Doktor ke-15 dengan predikat Summa Cum Laude, IPK 4.00, dengan masa studi 34 bulan (2 tahun, 10 bulan). (Os)