Tes Fisik KONI Kabupaten Magelang untuk Sukses Proprov 2022

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY mengimplementasikan kerjasama dengan KONI Kabupaten Magelang dengan melaksanakan Tes Fisik bagi 157 atlet yang berasal dari Kabupaten Magelang dan dari berbagai cabang Olahraga. Acara Tes Fisik bagi Atlet dari Kabupaten Magelang tersebut telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 November 2022, dilaksanakan di Stadion Gemilang, Kabupaten Magelang. 

Tes bagi atlet ini, dimaksudkan selain sebagai informasi penting KONI dalam mengetahui kondisi fisik atlet, juga sebagai upaya KONI kabupaten Magelang dalam mempersiapkan Pekan Olahraga Provisini  atau yang disebut PORPROV pada tahun 2022.

Para pelatih dari berbagai cabang olahraga tersebut juga dapat memanfaatkan hasil tes tersebut untuk mengukur kemampuan, memperbaiki kemudian meningkatkan performa atlet. 

Dalam kegiatan Tes Fisik tersebut, 157 atlet yang menghadiri acara tersebut diharuskan mengikuti berbagai macam tes, seperti: (1) Tes Sprint 30 Meter, untuk mengetahui kecepatan berlari atlet; (2) Shocken Test, untuk mengetahui power dan koordinasi; (3) Triple Hop Jump, untuk mengetahui power kaki kanan dan kiri atlet; (4) Sit and Reach, untuk mengetahui kelentukan, (5) Push Up (60 Detik), untuk mengetahui kekuatan dan daya tahan otot lengan; (6) Sit up (60 Detik), untuk mengetahui kekuatan dan daya tahan otot perut; (7) Standing Balance Test, untuk mengetahui keseimbangan; (8) Whole Body Reaction (WBR) Test, untu mengetahui kecepatan reaksi (9) Beep Test, untuk mengetahui kapasitas paru-paru/ kebugaran.

Selesai dari kegiatan tes tersebut, Fakultas Ilmu Keolahragaan yang bertindak sebagai testor, mengolah data dan menampilkannya dalam kegiatan paparan hasil tes fisik Atlet KONI Kabupaten Magelang. Dalam kegiatan tersebut, hadir Ketua KONI Kabupaten Magelang-Bapak Karjanto Wignyowidodo, Bidang Organisasi-Bapak Sanny Budi Tjahyono, Anggota Bidang Prestasi-Bapak Budi Utomo,dan Wakil Sekretaris 2-Ibu Pratiwi Retno Wulandari. Sedangkan pihak FIK UNY, dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Kajur dan Sekjur Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan juga beberapa Dosen dari PKO.

Bapak Dr. Fauzi, M.Si. memaparkan, bahwa sebagian besar atlet dari berbagai cabang Olahraga yang dinaungi KONI Kabupaten Magelang, masih memerlukan bimbingan, arahan dan motivasi untuk bisa meningkatkan potensi atlet, kedepannya jika ingin sukses Porprov, maka KONI Kabupaten Magelang juga harus bisa memetakan berapa medali yang bisa diraih dari cabang-cabang Olahraga yang dimiliki, dan juga sudah harus bisa mengetahui siapa lawan, sehingga peraihan medali bisa dipetakan. Kondisi tersebut dapat dilihat dari hasil Tes Fisik para atlet dari cabang Olahraga seperti: Renang, Judo, Gulat, Bola Voli, Tenis Lapangan, Petanque, Sepakbola, Wushu, Tinju, Tenis Meja, Taekwondo, Pencaksilat, Balap Motor, Menembak, Bola Tangan, Pencak Silat, Hoki, Binaraga, Panahan, Muaythai, Tinju, Sepak Takraw, Kickboxing, Sepatu Roda dan juga Atletik. (PD)