DR. AM BANDI UTAMA, M.PD., BERHARAP TENIS MEJA KEMBALI BERJAYA DI INDONESIA

Ujian Terbuka Promosi Doktor atas nama Bapak AM. Bandi Utama, dilangsungkan Kamis, 20 Oktober 2022, di Ruang Sidang Utama GPLA FIK lantai 3. Acara berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut diketuai oleh Dewan Penguji, Rektor UNY, Bapak Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. Seeeebagai Penguji satu, adalah Pakar Fisiologi Olahraga dari Universitas Semarang, Prof. Dr. Soegiyanto, KS., M.Pd. Penguji dua adalah Prof. Dr. FX. Sugiyanto, M.Pd. Penguji tiga adalah Dekan FIK UNY, Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed. Co. Promotor adalah Dr. Fauzi, M.Si. Promotor adalah Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. Sekretaris Penguji adalah Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.

Dihadiri oleh kerabat, kolega, teman-teman Dosen acara Ujian terbuka Promosi Doktor berlangsung dengan khidmat namun juga penuh kekeluargaan. Dlam waktu 18 menit, Dr. AM. Bandi Utama, M.Pd. memaparkan ringkasan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Alat Ukur Reactive Agility dan Koordinasi Mata Tangan untuk Ketrampilan Tenis Meja.” Dengan latar belakang masalah prestasi Olahraga Tenis Meja di Indoneia yang memprihatinkan setelah era tahun 2000-an, dimana Tenis Meja tidak lagi dilombakan di PON ke-20 dan Sea Games 2018/2019. Meskipun begitu, pembibitan atlet dan peningkatan fisik atlet Tenis Meja untuk meningkatkan performa, terus dilakukan, salah satunya dengan pengembangan alat oleh Pak Bandi. Untuk mencatat dan meneliti reaksi dan kelincahan juga alat ukur kecepatan dan kelincahan, Pak Bandi membuat rancangan alat ukur yang rencananya akan dipinang oleh Negara Korea.

Pertanyaan demi pertanyaan dijawab dengan baik oleh Pak Bandi, dalam rangkumannya, sekretaris merangkum bahwa penelitian yang dilakukan oleh Promovendus sangat baik struktur logika pemikirannya, kedalaman teori juga sudah baik dan relevan dengan penelitiannya, sumbangan akademik berupa dua artikel internasional, yang pertama terindex Scopus dan yang kedua sudah accepted dan tinggal menunggu penerbitannya. Memberi arti bahwa penelitian yang dilakukan oleh beliau diterima oleh dunia internasional.

Setelah di skors selama 10 menit untuk Dewan Penguji mendiskusikan hasil ujian terbuka, hasil ujian kemudian diserahkan dan Promoendus mendapatkan gelar Doktor ke-3 dari Prodi S3 IK FIK UNY, dan berhasil menyelesaikan S3 dalam kurun 27 bulan atau dua tahun tiga bulan.

Acara ditutup dengan foto Bersama dewan penguji dan pemberian ucapan selamat oleh tamu undangan dan ditutup dengan ramah tamah. (PD)