Merestorasi Lingkungan dengan Kampanye Green Campus - Pengelolaan Sampah Sistem Biopori

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman mengadakan acara Pelatihan Bela Negara Kemahasiswaan dengan Tema Kampanye Green Campus dengan Pengelolaan Sampah Sistem Biopori yang diikuti sebanyak 111 mahasiswa dari FIK UNY.

Acara yang digawangi oleh bidang 3 ini menghadirkan pembicara dari Dinas Lingkunan Hidup yaitu Bapak ARIF WIBOWO SKM., MM. dan dilaksanakan secara daring hari Senin, 16 Agustus 2021. Dihadiri oleh Dekan yang dalam hal ini diakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sekalius Ketua Panitia, Bapak Ibu Dosen Staff Ahli Bidang tiga, Manager Wismor, Pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana, DPM, BEM, Hima PJKR, PKO, IKOR, PGSD Penjas, UKMF AlHidayah dan UKMF Penelitian Koksma dan teman-teman Mahasiswa FIK UNY.

Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama mengatakan, bahwa FIK UNY mendukung upaya Green Campus yang dicanangkan UNY beberapa tahun yang lalu. Tujuannya yaitu mewujudkan Kampus yang sehat, bersih, nyaman, teduh dan indah, dan kegiatan ini sendiri adalah implementasi dari IPTEK secara nyata di lingkungan kampus.

Latar belakang acara ini adalah karena air merupakan kebutuhan pokok untuk kehidupan bagi makhluk hidup dan karunia Tuhan YME. Bberkurangnya luasan area resapan air yaitu antara lain ruang terbuka, pekarangan, hutan, kebun, sawah, dan lain sebagainya. Berubahnya area resapan air menjadi kedap air/ perkerasan. Selain itu, meningkatnya jumlah penduduk, kecenderungan banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau, juga terjadinya limpasan air yang berlebihan. Karena permasalahan seperti itulah perlu adanya upaya konservasi dan rekayasa teknik, diantaranya SPAH Sistem Pemanfaatan Air Hujan, Biopori, embung, waduk dan kolam. (PD)