Yudisium Awal Tahun 2022

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan Yudisium perdana di awal Tahun 2022 pada hari Senin, 31 Januari 2022, dan dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini tetap dilaksanakan daring karena Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai dan bahaya virus Covid varian Omicron yang masih nyata ada didepan mata. 

Pada Yudisium awal tahun ini, ada dua buah hal spesial, kali ini, S2 Pendidikan Jasmani meluluskan 1 orang mahasiswanya, yaitu Nofiya Wahyu Widy Astutik dengan IPK 3,95. Sedangkan S2 Ilmu Keolahragaan meluluskan salah satu mahasiswa, yaitu Muhamad Ichsan Sabillah yang ber-IPK 4.0 dengan predikat Dengan Pujian Tertinggi. 

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada para peserta Yudisium awal tahun 2022. Selain itu, pada kesempatan tersebut, Dekan FIK UNY memberikan gambaran tentang dunia virtual yang disebut metaverse. Metaverse dan dunia virtual sendiri, digadang-gadang menjadi masa depan internet, dimana dunia nyata dipindah ke dunia maya dengan teknologi. Dan kita bisa berada didalamnya dengan menggunakan representasi diri yang disebut dengan avatar. Namun lain halnya dengan bidang Olahraga, meskipun hampir semua bisa digantikan dengan avatar, manusia dengan kegiatan olahraganya, tidak akan mampu digantikan dengan avatar. Karena aktifitas olahraga memerlukan aktifitas fisik, sedangkan avatar hanya bisa melakukan aktifitas non fisik. Sehingga untuk bisa melakukan perubahan-perubahan ini, diperlukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Diharapkan kepada mahasiswa yang telah lulus S1, dan S2 bisa ugrade skill dan pengetahuan melalui ilmu yang lebih tinggi, supaya kita tidak tertinggal disaat semua sudah menuju metaverse nanti, pungkasnya. (PD)