Realmadrid Foundation, Spanyol Lakukan Audit Manajemen SSO RMF di FIKK UNY

Sekolah Sosial Olahraga Realmadrid Foundation (SSO RMF) di FIKK UNY telah berdiri sejak 3 Maret 2012. Berbagai kegiatan olahraga sepakbola telah digiatkan. Sebagai bagian dari Yayasan Realmadrid yang berpusat di Madrid, Spanyol, maka perlu adanya audit terkait managemen organisasi dan juga tata kelola keuangan. David Varela Nunez dan Joaquin Prieto Granado dari Ernst & Young Global, Madrid, Spanyol serta Ainul Ridha dari Sekretaris Umum Yayasan Pengembangan Sosial Olahraga Internasional (International Social Sports Development Foundation -- ISSDF) yang ditunjuk oleh Yayasan Realmadrid untuk mengaudit tata kelola organisasi dan keuangan di SSO RMF FIKK UNY pada 8 - 9 Maret 2023. Keduanya diterima dan disambut baik oleh jajaran pimpinan FIKK UNY dengan diskusi terkait perkembangan SSO RMF di FIKK UNY. 

Dekan FIKK UNY, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. menyampaikan selamat datang kepada keduanya, meski waktu untuk melakukan audit sangat singkat, namun tim manajemen telah mempersiapkan dokumen dengan baik. Wawan pun berharap dengan adanya SSO RMF di FIKK UNY dapat menghasilkan atlet-atlet sepakbola professional baik di tingkat nasional maupun internasional. “Salah satu alumni SSO RMF masuk dalam tim U23. Ke depan kami berharap semakin banyak lagi alumni RMF yang dapat berkarir secara profesional” pungkasnya. 

David Varela Nunez menekankan bahwa akan ada 4 aspek yang akan diaudit di antaranya manajemen internal di SSO RMF termasuk administrasi dan struktur organisasi, sistem keuangan yang meliputi penggunaan dana bantuan dan alokasi kegiatan, sarana dan prasarana pendukung latihan, dan sumber daya pelatih. Keempat aspek tersebut akan dicermati apakah telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Realmadrid Foundation terutama eksistensi RMF selama dan pasca pandemic covid-19. 

David dan Joaquin turut memantau program latihan yang sedang berlangung serta meninjau langsung sarana dan prasarana pendukung latihan. Tim manajemen RMF FIKK UNY turut mendampingi selama audit berlangsung dan memberikan dokumen pendukung yang diperlukan. (Os)