ETIKA PENULISAN DAN PUBLIKASI BERTEMA PENDIDIKAN JASMANI BAGI GURU PENJASORKES

Program Magister Prodi Pendidikan Jasmani dibawah koordinasi Jurusan Pendidikan Olahraga FIK UNY mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertema “Sosialisasi Etika Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah Bertema Pendidikan Jasmani Bagi Guru Penjasorkes SD/SMP/SMA/Sederajat” di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan hari Senin-Selasa, tanggal 13-14 September 2021 dan Jumat-Sabtu 17-18 September 2021, dari pukul 07.00 – 15.00 WIB. Kegiatan PkM tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi platform Zoom Meeting dan Google Classroom.  

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan Pendidikan Olahraga (POR), bapak Dr. Jaka Sunardi, M. Kes, Koordinator Prodi S2 Penjas, bapak Dr. Yudanto, M.Pd, tim PkM lainnya, yaitu; Dr. Komarudin, Prof. Soni Nopembri, Ph.D, Fathan Nurcahyo, M.Or. dan Aris Fajar Pambudi, M.Or Ketua KKG PJOK SD/sederajat Kabupaten Kulon Progro, bapak Sudarman, S. Pd. Jas, dan Ketua MGMP PJOK SMP/Sederajat Kabupaten Kulon Progo, bapak Paiman, S.Pd. M. Or.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Pendidikan Olahraga mengatakan, bahwa dengan diadakannya program ini, diharapkan kualitas Guru PJOK di daerah Kulon Progo akan meningkat, sehingga akan menghasilkan anak didik yang unggul. Sejalan dengan pemikiran Kajur POR, Koordinator S2 Pendidikan Jasmani, Dr. Yudanto, M.Pd. mengatakan, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dimaksudkan untuk memberi solusi nyata untuk peningkatan kualitas Guru PJOK.  

Kegiatan ini diikuti kurang lebih sebanyak 60 orang guru PJOK SD/SMP/SMA/Sederajat di Kabupaten Kulon Progro, Daerah Istimewa Yogyakarta baik PNS maupun Non PNS. Materi yang disampaikan dalam kegiatan PkM tersebut antara lain:

1.  Kebijakan dan Peraturan Guru dan Dosen Tentang Kewajiban Publikasi Karya Ilmiah dan Penilaian Angka Kredit (PAK) Bagi Guru PJOK.

2.  Hakikat dan Jenis-jenis Publikasi serta bentuk Karya Ilmiah Di Lingkungan Pendidikan Bagi Guru PJOK.

3.  Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah bagi Guru dan Gaya Selingkung Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah yang ada di FIK UNY.

4.  Etika Moral, Pelanggaran dan Plagiatisme Dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru PJOK.

5.  Penulisan Buku Ajar, Modul dan Diktat Mata Pelajaran PJOK Bagi Guru PJOK.

6.  Penulisan Artikel Ilmiah Artikel/Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Literasi, Gagasan Ide atau Pemikiran yang Bertema PJOK. Bagi Guru PJOK.

7. Tatacara Presentasi (Poster atau Oral Presentasi) dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru PJOK.

Banyak manfaat yang diberikan dari program ini, diantaranya: adanya sharing informasi/ide/gagasan yang terkait dengan pengetahuan, pemahaman, pengalaman yang terbaru dan kekinian (up to date) dalam menulis, menyusun, mempublikasikan dan mempresentasikan karya ilmiah dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan/kebugaran jasmani. Selain itu, melalui kegiatan pengabdian PkM ini dapat digunakan untuk mempererat tali silaturahmi, memperluas jejaring sosial, dan hubungan kerjasama dan media untuk saling bersosialisasi antara FIK UNY khususnya jurusan POR dengan dinas pendidikan dan kebudayaan, guru PJOK secara umum, juga guru PJOK alumni POR FIK UNY.