Menggali Potensi Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa FIKK

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa agar siap menghadapi era 5.0 yaitu memiliki jiwa kewirausahaan. FIKK UNY melalui bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni memfasilitasi minat mahasiswa FIKK untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dengan menggelar workshop inovasi kewirausahaan bagi mahasiswa FIKK UNY pada Rabu, 15 Februari 2023 di RSU GPLA FIKK lantai 3 dengan menghadirkan narasumber dari Staf Ahli Kemahasiswaan bidang Kewirausahaan, Bapak Arwan Nur Ramadhan, M.Pd. 

Dekan FIKK, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. menekankan bahwa dengan adanya struktur baru di UNY dan khususnya di FIKK dapat membawa dampak positif terhadap peningkatan proposal pendanaan kewirausahaan yang diajukan para mahasiswa FIKK. Workshop ini diharapkan dapat memantik potensi usaha dan inovasi usaha-usaha baru yang dikembangkan para mahasiswa. Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Dr. Guntur, M.Pd. selaku penanggungjawab program turut menegaskan bahwa para mahasiswa dapat berfikir kreatif untuk membuat temuan baru atau inovasi pada usaha yang sedang dikembangkan mahasiswa baik di usaha kuliner, olahraga pariwisata, hiburan, dan lain sebagainya. Fasilitasi bagi kelompok usaha yang telah ada akan digenjot dan dipantau secara berkala serta dievaluasi agar layak bersaing secara nasional maupun internasional. Selain itu fasilitasi berupa workshop penguatan kewirausahaan dan juga hibah akan diberikan. 

Arwan menjelaskan terkait LIKMI yaitu Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia yang saat ini pendaftarannya masih dibuka. Lomba tersebut digagas untuk menjaring potensi mahasiswa khususnya di UNY yang dipersiapkan mengikuti lomba P2MW yang diadakan oleh Kementerian. Penyusunan proposal yang baik serta detail strategi turut disampaikan. Selain itu ide-ide inovasi yang dapat dikembangkan serta penghitungan realisasi usaha menjadi topik diskusi menarik dalam workshop tersebut. (Os)